Seismic Processing,

Interactive Muting pada Seismic Un*x

12:39:00 AM Leo Cahya D 0 Comments


Disclaimer: banyak istilah, arti, dan hal-hal lain yang saya rubah arti atau pengertiannya sehingga kadang tidak seperti arti sebenarnya. Tujuan saya melakukan itu untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi dari post-post seperti ini. ”

Setahun terakhir saya sedang tertarik dengan yang namanya prosessing seismik karena ingin melihat kecocokan model yang dibuat pada SPECFEM-nya Komatitsch and Martin dengan hasil forward modellingnya. Well, minimnya pelatih di Laboraturium Paradigm dan kadang error juga software Echos-nya  memaksa saya beralih menggunakan seismic un*x dalam hal pengolahan. Selain open source, tutorialnya pun banyak di internet, untuk yang bahasa Indonesia dapat dilihat di ensiklopedi seismik milik Agus Abdullah, P.hd. (terima kasih untuk ilmu dan inspirasi dari blog beliau)

Muting merupakan salah satu tahap dalam pengolahan data seismik untuk menghilangkan noise gelombang langsung dengan cara merendahkan bahkan bisa dengan membuat nilainya menjadi nol pada matriks yang kita tunjuk sebagai gelombang langsung.  Pada seismic un*x perintahnya adalah sumute. Kekurangannya disini kita harus memasukkan satu persatu matriks yang akan kita mute. Tentu akan lebih mudah lagi jika kita melakukan muting dengan cara interaktif seperti pada software-software terkenal (contoh: Echos Paradigm, dll) bukan?

Pada seismic un*x sebenarnya sudah ada contoh pada demo untuk muting tapi hanya sekedar untuk contoh data suplane. Oleh karena itu saya buat bashscript interactive muting untuk data dengan shot banyak (baik untuk yang tipe split spread shot juga).

Langkah-langkahnya :
1. Taruh program ini pada file data berada. Edit parameter di dalam file mutepick sesuai dengan parameter data anda. Jalankan sh mutepick pada terminal. Lalu pick titik-titik garis mute-nya.




Sebelum muting

Setelah muting


























2. Setelah preview hasil pick mute anda untuk 1 shot ditampilkan dan hasilnya OK, sekarang run program octave/matlab mute_parring.m
3. Setelah file par dibuat menggunakan kode octave/matlab di atas, selanjutnya kita aplikasikan dengan bash script muteit berikut:
4. Setelah itu lanjutkan saja perintah setelah mute it berjalan

Setelah perintah dari program terakhir dijalankan maka data anda setiap shot sudah diberlakukan muting. Kira-kira begitu saja postingan saya. InsyaAllah untuk berikutnya saya akan menceritakan tentang interactive velocity picking menggunakan bashscript di seismic unix.

see ya,
L

0 comments: