C++,

Tutorial Pemrograman 2 : Algoritma, Alur Jalan Program, Aritmatika, pokoknya dasar..

11:58:00 PM Leo Cahya D 0 Comments


Disclaimer: banyak istilah, arti, dan hal-hal lain yang saya rubah arti atau pengertiannya sehingga kadang tidak seperti arti sebenarnya. Tujuan saya melakukan itu untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi dari post-post seperti ini. ”

Bismillah..
Hello Digital World,

Oke, terakhir kita membahas tentang compiler editor dll. Sekarang kita akan memahami bagaimana alur komputer menjalankan perintah kita dari program. Tapi sebelumnya kita akan belajar dulu dasarnya menulis program di C++.

Misal kita akan membuat program tentang pertambahan dua bilangan yang sama dan hasil dari akar 22/7 yang kira-kira dalam C++ seperti ini :


Alright, don’t panic. Ini cuma program simpel yang intinya cuma 10 baris. Bisa kita lihat pada penulisan program C++ terdiri dari pertama header dan inti perintah yang kita tulis di dalam kurung kurawal setelah int main() .


Header adalah semacam kumpulan fungsi-fungsi. Biasanya untuk pemrograman sederhana menyelesaikan problem-problem perhitungan pada saat saya kuliah, saya hanya menggunakan iostream, math, dan conio (fungsi dari 3 header tersebut dapat dilihat pada gambar di atas).

Untuk sementara ini hiraukan dulu using namespace std, int main, return 0, getch() itu untuk apa. Yang penting sekarang, jika ingin menulis program, kita menulis di bagian inti perintah tersebut. Seperti


Oke kembali ke program yang paling atas tadi, intinya adalah :



Jika perintah di atas di-compile, lalu program dijalankan maka hasil pada terminal kurang lebih seperti ini jika kita masukkan nilai a = 9



Kenapa bisa begitu? Oke dengan menganggap kita punya suatu tempat bernama memory, kita akan melihat perubahan pada memory dan terminal saat program berjalan. Alur jalannya perintah di atas kurang lebih berikut :



Line 8 : deklarasi variable a


Line 9: deklarasi veriable b


Line 10 : deklarasi variable akarpi



Oke, dalam suatu program perlu yang namanya deklarasi variable. Caranya menulis :

tipedata(spasi)namavariabel

Contoh di atas int a dan int b,  berarti kita disana membuat variabel bernama a dan b yang dimana hanya bisa diisikan angka bulat. Lalu float akarpi, yang artinya kita membuat variable bernama akarpi yang bisa diisi dengan angka desimal. Jadi inget saja, int buat angkat bulet, float buat koma-komaan :p Oke lanjuuuuut…

Line 11 : "penghitung a + a, dan akar pi" akan ditampilkan pada terminal pada baris pertama dengan perintah cout<<, perintah endl digunakan seperti menekan enter pada saat kita mengetik untuk pindah baris ke baris terminal ke 2.


Line 12 : "masukkan nilai a = " akan ditampilkan pada terminal pada baris kedua dengan perintah cout<<.


Line 13 : cin>>a; angka apapun yang diketik pada saat perintah baris ini dijalankan lalu ditekan enter, maka angka tersebut menjadi nilai variabel a pada memori. Misal kita masukkan 9.




Line 14 : perintah ini berarti nilai variabel a ditambah nilai variabel a dimasukkan ke variabel b.


Line 15 : perintah ini digunakan untuk menampilkan hasil perhitungan.



Intermezzzooo… cout bisa dilakukan berulang-ulang dengan menambahkan “<<”. Seperti kita lihat pada perintah "cout<<"hasil "<<a<<"+"<<a<<" adalah "<<b<<endl;". Untuk menampilkan suatu text menggunakan double aphostrhope (“”) dan untuk menampilkan nilai suatu variabel tanpa menggunakan itu. Misal jika kita perintahkan cout<<a; maka yang keluar pada terminal adalah nilai dari variabel a, jika kita tambah double aphostrhope, cout<<”a”, maka yang keluar pada terminal adalah huruf a. Oke lanjut…

Line 16 : perintah pada line tersebut untuk menghitung akar 22/7 alias pi. Nilai hasil perhitungan akan masuk pada memory di variabel akarpi.




Intermezzzooo… Anda akan melihat fungsi sqrt(input), sqrt merupakan salah satu fungsi dari header math.h yang digunakan  untuk mencari akar dari suatu variabel atau perhitungan. Selain sqrt, banyak fungsi yang terdapat pada header math.h seperti mencari sin, logaritma, dan lain-lain. Ok lanjut.

Line 17 : menampilkan kalimat “akar dari 22/7 adalah ” lalu diikuti nilai dari variabel akarpi.




Oke itu kira-kira alur dari jalannya program tersebut. Saya harap anda menjadi lebih paham bagaimana alur perintah yang kita tulis pada program itu dijalankan oleh komputer. Untuk selanjutnya kita akan membahas perulangan dan bagaimana komputer menjalankan alur perintahnya.

See ya,

0 comments: